TRILO.CO.ID
TRILO.CO.ID

HUT REPUBLIK INDONESIA

FESPATI GANDENG FORKOPIMDA DAN PD WASHLIYAH GELAR KEJURDA



Trilo, Batubara,- Lestarikan Olahraga Tradisional (OT), Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten Batu Bara bersama Federasi Seni Panahan Tradisional Indonesia (Fespati) gandeng Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) dan PD Al Wasliyah gelar lomba panahan tradisional, di Lapangan SMAN 1 Lima Puluh, Kabupaten Batu Bara, Sabtu (20/07/2024).

Ketua Kormi Kabupaten Batu Bara
Yusriadi Sitorus yang akrab disapa Ucok menyampaikan bahwa Kormi Batu Bara baru berumur sekitar 1 tahun dan telah melakukan 2 kali kegiatan.

"Panahan tradisional adalah olahraga tradisi yang harus dilestarikan, dengan cara dilombakan, dimana, Kormi Batu Bara berupaya mencari atlet yat berprestasi,"ungkap Ucok.

Dikatakan Ucok, Panahan merupakan olah raga dengan sentuhan kearifan lokal yang patut dilestarikan, ternyata olah raga tradisi masih banyak diminati oleh masyarakat.

Kejuaraan Daerah (Kejurda) ini merupakan salah satu ajang seleksi, kemudian wahana promosi dan degradasi (Promdeg) bagi peserta nantinya.

"Sebanyak 120 peserta yang mengikuti dari 6 jenjang perlombaan, usia 12 tahun dengan jarak 10 meter (Putra dan putri), usia 18 tahun jarak 20 meter (Putra dan Putri) Umum berjarak 50 meter (Putra dan Putri)," jelas Ucok.

Dimana nantinya, bagi peserta yang berprestasi dan akan dikirim untuk mengikuti perlombaan tingkat provinsi Sumatera Utara (Sumut) bahkan ke jinjang nasional.

"Hari ini terbukti, bahwa animo peserta yang sangat banyak dan ini momentum luar biasa, mari bersama melestarikan budaya panahan di Kabupaten Batu Bara,"ungkap Ucok. (

Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama